Penuh Berkah di Masjid Al-Barkah

 


Siang yang terik terasa sejuk saat saya melewati rumah Ustadzah Ummu Muhammad Alaydrus, lalu hati bergumam "Ya Allah hari ini semoga bisa bertemu Ustadzah, ka ada dirumah?" Lalu saya berlalu. 

Alhamdulillah atas izin Allah, Ba'da ashar bisa hadir di Kajian rutin di Masjid Al Barkah Bojongsari. Ini kali pertama saya hadir di Al-Barkah. Duduk paling depan di tengah-tengah, eh ternyata ibu-ibu di sana duduknya bukan seperti itu, tetapi melingkar sepanjang tepi ruangan. Akhirnya saya pindah ke ujung dekat Ummi Lulu.

Ummi Lulu cerita kalau Ustadzah gak bawa mobil, jadi tidak tahu berangkat naik apa sama siapa, hp nya tidak aktif. Tentu saja saya langsung menawarkan diri untuk jemput. Sampai di rumah Ustadzah, Jidah menyampaikan jika ustadzah sudah berangkat sama Mbak Linda langsung dari Bangkir. 

Alhamdulillah, saya pun langsung meluncur kembali ke Al-Barkah. Orang pertama yang saya cari adalah Ustadzah, ah benar sudah hadir dengan senyum khasnya. Saya duduk paling depan samping Ummi Lulu. Di Al-barkah rupanya langsung kajian Hadits. Ibu-ibu yang hadir tampak antusias menyimak. Begitupun saya. 

Ustadzah menyampaikan bahwa di Alquran itu ada ayat-ayat mutasyabihat, yaitu ayat yang hanya Allah saja yang tahu maknanya, contoh yasin, alif lam ra, alif lam mim ra. Dan ayat muhkamat, yaitu yang jelas maknanya. Contoh qul huwallahu ahad. Allah mengingatkan kita untuk menjauhi orang yang suka membahas ayat mutasyabihat, karena memaknai ayat yang tidak jelas maknanya yang seharusnya tidak perlu dicari-cari. Mereka hanya menimbulkan fitnah. 

Orang yang bilang semua agama itu sama, Tuhannya satu. Itu salah. Itu hanya menimbulkan ujian keimanan bagi orang-orang awam. Terhadap ayat mutasyabihat para ulama sepakat mengimani dan wallahu a'lam bishawab. 

"Ka bagaimana menjelaskan tentang Allah ke anak 5th?"

"Tauhid itu gak boleh dibahas secara dalam dan panjang lebar karena tauhid itu tidak ada di akal tapi hati, iman. Kalau anak tanya tentang Allah cukup dijawab Allah itu Tuhan kita, Allah yang menciptakan kita, cukup langsung alihkan"


Materipun dilanjutkan

Semua orang masuk surga kecuali yang gak mau yaitu orang yang gak mau jadi umatnya Nabi Muhammad. Minta ke Allah kita ingin meninggalnya seperti apa, sedang sujud, baca quran, sedang di Majelis ilmu, dll. Berdoa "Ya Allah masukkan hamba ke dalam surgaMu bersama Rasulullah, bersama keluarganya, sahabat dan orang soleh di barisan paling depan."

Allah tergantung prasangka hambaku. Maka berprasangkalah sebanyak yang engkau mau. Allah bisa saja ubah semuanya dari yang ga cinta sama Nabi Muhammad jadi cinta banget Nabi. Minta ke Allah agar jadi orang yang dekat dengan Nabi Muhammad.

Orang yang di neraka adalah orang yang suka dikit-dikit bilang "ntar" 

Ko gak ngaji? Ntar kalau anak udah gede

Ko ga sedekah? Ntar 

Hati-hati karena kalau Ntar biasanya jadi tidak jadi. 

Orang yang disiksa di neraka itu saking ga kuatnya ingin mati saja, tapi sudah tidak ada lagi kematian setelah itu. Hanya ada siksa. Jadi kalau di dunia merasa ga mudah hidupnya, ridho ya Allah ridho. Mumpung mau ramadhan, saatnya kita banyak minta ampunan ke Allah.


Kajian di tutup dengan doa. 

Alhamdulillah pulangnya, saya bisa pulang bareng ustadzah. Benar, Allah itu sesuai prasangka kita, siang tadi ingin ke rumah Ustadzah, sore ini Allah kabulkan. Terima kasih untuk hari ini, hari yang penuh berkah di Al-Barkah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENGATASI SAKIT SAAT MENSTRUASI DENGAN ENEMA KOPI

Fokus Kekuatan, Siasati Kekurangan!

Memaknai Keajaiban