Jurnal 1, Surat Untuk Alya



#jurnal#kelastelurtelur
#buncekbatch1
#ibuprofesional

Surat untuk Alya

Bismillah
Assalamu'alaikum sayang.... Selamat bobo ya.  Cape ya habis jalan-jalan sama ayah.  Karena alya cantik udah bobo,  mama mau nulis surat buat Alya ya.  Boleh ya...
Alhamdulillah mama ikut kelas bunda cekatan dan pekan ini dapat tugas untuk menuliskan aktivitas yang membuat mama berbinar-binar.  Anehnya setiap mama mengobservasi diri mama sendiri tentang ini mama jadi selalu ingat untuk mengobservasi alya juga,  aktivitas apakah yang membuat alya bahagia?semoga di kesempatan lain mama bisa cerita. Ok back to tugas mama ya.

Kita cek dulu yuk makna bahagia menurut Kamus :
bahagia/ba·ha·gia/ 1 n keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan): -- dunia akhirat; hidup penuh --; 2 aberuntung; berbahagia: saya betul-betul merasa -- karena dapat berada kembali di tengah-tengah keluarga.

Masya allah ya kelas ini mengajak mama untuk mengecek apa saja yang membuat bahagia. Dan caranya memang membahagiakan yaitu dengan "Merdeka Belajar,  Belajar Merdeka"  karena merdeka itu bebas dari segala yang menyusahkan ya makna bahagia itu. Dan mama bahagia karena jurnal pertama mama bisa mama jadikan surat untuk alya. Alya bebas mau baca nya kapan aja.

Sayang.... Kata bunda Septi,  seorang ibu itu berhak bahagia karena jika sudah bahagia maka seluruh keluarga pun ikut bahagia. Waah kenapa begitu ya.... Kalau mama baca tentang sistem otak manusia.  Di otak mamalia atau sistem limbik ada bagian yang menyimpan emosi.  Termasuk salah satunya itu bahagia.  Nah jika otak ini bekerja (menyala karena kita bahagia)  maka apapun yang kita lakukan akan maksimal.  Contoh jika seorang siswa berangkat dari rumah dalam keadaan bahagia maka dia akan mudah mencerna pelajaran, karena apa yang dia pelajari bisa masuk ke otak penyimpanan pengetahuan dengan mudah. Karena mudah melewati otak mamalia nya.  Begitu kata ustadzah Aisah Dahlan pakar otak manusia.

Lalu apa kaitannya dengan mama yang bahagia? Jika seorang ibu bahagia maka dia akan mengerjakan tugas kewajibannya dengan kesungguhan. Bukan sekedar rutinitas yang membuat bosan.

Sayang.... Kepanjangan ya prolog nya.  Minum dulu boleh.... Atau mau makan keju kesukaan alya juga boleh. Terus lanjut lagi ya.  Mama mau cerita tentang telur-telur hijau yang sudah berisi 5 kebahagiaan mama. Yeaaa

1. Ngobrol sama ayah

Alya sholeha.... Kenapa ini membahagiakan? Karena inilah alasan kenapa mama mau nikah sama ayah.  Hihihi.  Ayah itu pendengar yang baik.  Ayah itu asyik banget diajak diskusi tentang apapun. Terutama tentang film.  Pokoknya ngobrol sama ayah itu membuat mama selalu berbinar dan jatuh cinta lagi. Eitttzs.

2. Ngobrol sama Alya

Nah ini pun favorit mama banget nak... Karena alya itu gemes in. Sejak bayi udah bisa diajak ngobrol. Mama masih ingat seminggu setelah melahirkan alya.. Mama mau kontrol jahitan sc dan malamnya mama izin dulu ke alya untuk ditinggal sama uti. "de mama sama ayah dan mamih mau kontrol dulu besok ke dokter,  ade sama uti dirumah ya." setelah itu alya sayang rewel nangis terus semalem an sampe subuh. Subuh itu mama akhirnya bilang " de mama ga jadi pergi. Mama disini nemenin alya" alya pun tidur lelap akhirnya.  Wuah sejak itulah mama suka banget ngajak ade ngobrol.

Dan sekarang tema obrolan favorit kita itu tentang Allah.  "de siapa yang menciptakan kuda?"  ade jawab "allah"  sampai rasa panas yang ade bilangnya "ntet"  itu adalah ciptaan allah.  Masya allah tabarakallah nak.  Mama paling suka kalau dialog tentang allah. 

3. Jalan - jalan

Kalau aja mama bisa bikin sekolah mama ingin program nya hanya satu. Jalan jalan.  Hehehe.
Jalan-jalan itu kemanapun membahagiakan.  Mama pernah ke bandung sama alm sahabat mama dan disana mama ajak ke Dago.  Disana mama memang hanya ingin jalan kaki sepanjang jalan Dago bareng temen temen terdekat mama tapi ternyata beliau ga suka jalan kaki tanpa tujuan jelas. Mau ke toko apa,  mau beli apa.  Sepanjang jalan beliau bete banget dan mama merasa bersalah jadinya de. Hmmm... Itu jadi catatan banget kalau mau jalan harus samakan frekuensi dulu ya.
Kalau sama alya sih kita selalu satu frekuensi ya soal jalan-jalan.  Ingat ga waktu ade usia 3 bulan 4 bulan mama sering ngajak ade naik becak.  Ya keliling aja balik lagi kerumah. Biasanya mama kasih uangnya dulu ke mang becak misal 20rb "mang ini bayar nya jalan aja bebas sampai mana yang penting pulang nyampe rumah lagi ya." biasanya mamang bingung sampai mana karena suka nanya lagi mau kemana. Heu. Terus orang-orang pada bilang "ah itu mah emaknya aja yang pengen jalan-jalan." mama senyumin aja. Padahal memang emak nya yang pengen jalan-jalan. Bener. Tapi kan kalau emak bahagia Anak pun bahagia. Ade bahagia kan? Dan sepanjang jalan itulah kesempatan mama ngobrol sama ade.  Ngenalin alat transportasi ngenalin semua ciptaan Allah.  Seru kan..Nah mama pengen banget ngajak alya naik kereta. Kemana aja turun di stasiun lalu balik lagi ke stasiun awal. Mau ga?

4. Baca buku

Baca buku itu me time banget lah buat mama. Mama pun bisa jalan jalan (nah kan jalan-jalan lagi) ke negri atau kota mana pun meski mama ada di rumah. Bisa tau tentang banyak hal. Buku itu jendela dunia.  Nah yang membuat makin bahagia adalah ade suka baca buku. Mama bersyukur banget di rumah ada temen buat baca buku.  Terima kasih ya sayang....

5. Nulis surat

Waah kegiatan satu ini membuat hati mama lapang banget. Lega. Plooong. Suka banget nulis surat meski ngga di balas sama orang yang di kirimin suratnya.  Hehe. Dulu zaman sma mama suka Kirim-kiriman surat loh sama seseorang di luar kota.  Dan sampai saat ini kami masih bersahabat.  Meski kami tinggal di kota yang berbeda tapi kami tetap jalin silaturahim. Beda aja chemistry nya kalau mama surat-suratan. Via tulis tangan ya.  Coba deh nanti ade baca surat-surat mama ya... Ada di lemari. Di BOX bekas kue istana. Hehehe.

Wah tak terasa sudah larut malam.  Mari kita istirahat.  Terima kasih ya udah mau baca surat mama.  Doakan mama biar lulus di kelas telur telur ini dan bisa jadi kupu-kupu cekatan nantinya.

Dari mama,  yang menyayangimu sejak sebelum bertemu hingga akhir waktu.

#jurnalminggu1
#materi1
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENGATASI SAKIT SAAT MENSTRUASI DENGAN ENEMA KOPI

Fokus Kekuatan, Siasati Kekurangan!

Memaknai Keajaiban