Review Drakor Pinnochio & Angle Eyes

dr.Dylan


1.       
        Angle Eyes

Pemain utama Drama Korea ini adalah Park Dong Joo yang di perankan (Lee Sang Yoon) adalah seorang lelaki yang berprofesi sebagai dokter bedah. Sementara itu, Yoon Soo Wan yang di perankan (Koo Hyun Sun) adalah salah satu dari 119 pekerja darurat. Cerita ini berawal dari kecelakaan yang dialami oleh Yoon Soo Wan saat masih remaja dan diselamatkan oleh ayahnya Park Dong Joo. Kecelakaan ini telah menewaskan ayahnya Park Dong Joo dan ibunya Yoon Soo Wan.

kecelakaan ini juga membuat Yoon Soo Wan menjadi buta. Yoon Soo Wan bekerja di sebuah Observatorium dan  dia menjelaskan semua tentang Bintang kepada peserta yang hadir di Observatorium, termasuk Park Dong Joo yang saat itu masih siswa SMA. Park dong Joo selalu mengantarkan bubur buatan ibunya ke rumah Yoon Soo wan, lama kelamaan mereka saling jatuh cinta. Yoon Soo Wan pun sering mengunjungi rumah Park Dong Joo, makan bubur bersama ibunya dan ibunya mengajarinya membuat bubur. Ibunya sangat menyayangi Soo Wan, saat Soo wan menangis karena tranplantasi mata dibatalkan untuk kesekian kalinya, ibunya berkata “Ibu janji kau akan melihat lagi, Soo Wan, kau akan melihat betapa cantiknya wajahmu”. Ibunya menghibur sambil memeluk Soo Wan.

Semua ketegangan drama ini berawal dari sini, drama ini benar-benar menyajikan berbagai kejutan. sungguh tidak bisa ditebak. pagi itu Park Dong Joo demam, sehingga ibunya yang mengantarkan bubur ke semua pelanggan. Tiba-tiba ada sebuah mobil yang menabrak ibunya, namun mobilnya kabur. Ibunya dilarikan ke Rumah sakit.
“Dong Joo...jika sesuatu terjadi pada ibu, maka kaulah yang harus menjaga adikmu”. pinta ibunya, namun Dong Joo hanya bisa menangis.
“satu lagi, mata ibu, donorkan untuk Soo Wan”.

Kabar ini terdengar oleh semua dokter di RS. termasuk ayah Soo Wan yang bekerja di RS tersebut. seorang ayah pasti akan sangat bahagia jika anaknya bisa melihat dunia kembali. namun disisi lain sebagai dokter ia juga harus menyelamatkan pasien. Ayah Soo Wan mengabarkan kepada anaknya tentang kemungkinan pendonor mata tersebut dan dia merasa senang dan menghubungi Park Dong Joo berkali-kali, namun dong joo tidak pernah membaca sms-smsnya tentang betapa bahagianya dia karena ada seseorang yang akan mendonorkan matanya. di tempat lain Park Dong Joo berduka atas kematian ibunya. Mata Ibunya akhirnya didonorkan kepada Soo Wan sesuai dengan permintaan ibunya.
Park Dong Joo mengunjungi Soo Wan dan meninggalkan Soo Wan yang masih belum sadar dengan secarik surat. namun surat ini tidak sampai kepada soo wan dalam selama 12 tahun. selama itu mereka terpisah.

Park Dong Joo kini menjelma jadi Dr.Dylan yang ganteng, dokter lulusan Amerika ini bekerja di RS tempat ayahnya Soo Wan bekerja. Dia menjadi Kepala UGD. disinilah ia bertemu kembali dengan Yoon Soo Wan yang sudah bisa melihat dan berprofesi sebagai Pekerja 119. Dr.Dylan melakukan banyak operasi. sampai terlihat jelas seperti apa proses operasinya. cukup mengerikan dan mata saya dibuka tutup saat menontonnya. hehe

Dr.Dylan sangat bahagia saat pertama kali bertemu Soo Wan dan mengetahui dia sudah bisa melihat. namun sayang kebahagiaan itu berubah menjadi petir ditengah badai saat dia melihat Soo Wan ternyata sudah bertunangan dengan seorang dokter di RS tempat ia bekerja.

Dr.Dylan terus menyembunyikan identitasnya dari Soo Wan. namun akhirnya Dr.Dylan mengetahui kalau ayah angkatnya yang selama ini membiayai kuliahnya di Amerika adalah ayahnya Soo Wan. setelah itu banyak peristiwa yang membuat Soo Wan mengetahui bahwa Dr.dylan adalah Park Dong Joo, cinta pertamanya. dan dia memutuskan hubungan dengan tunangannya. Dr.Dylan dan Soo Wan kembali bersama dan bahagia. bukan hanya itu, Dr.Dylan berhenti bekerja sebagai dokter, ia bekerja di kantornya Soo Wan. Disini benar-benar episode yang penuh kebahagiaan.

Namun kebahagiaan ini kembali berubah menjadi mimpi buruk. Soo Wan mengetahui kebenaran yang selama 12 tahun disimpan rapat ayahnya. Soo Wan tau bahwa orang yang mendonorkan mata kepadanya adalah ibunya Dong joo, orang yang sangat disayanginya. betapa sakitnya hati Soo Wan. ia selama bertahun tahun bahagia bisa melihat dan orang yang paling ingin dia lihat adalah ibunya Dong Joo. namun kenyataan pahit yang harus ia terima. bukan hanya itu, dia juga tau bahwa ayahnya membunuh ibunya dong joo saat di RS. agar matanya bisa didonorkan kepada soo wan.

“Park Dong Joo menghilanglah dari hidupku”. Itu saja kata-kata yang terucap dari Soo Wan. walau hatinya teramat sakit mengatakan itu. hingga akhirnya mereka berpisah kembali.
Yoon Soo Wan merasa sangat bersalah terhadap Dr.Dylan. atas semua yang terjadi. ayahnya Soo Wan meninggal dan Soo Wan pergi ke sebuah pulau yang sangat jauh. Soo Wan memilih untuk pergi dari kebenaran. walau semuanya terasa menyakitkan baginya.

Dr.Dylan sangat menderita tanpa Soo Wan. ia bekerja kembali di RS. namun hatinya terasa pilu. walaupun kebenaran sudah terungkap, bahwa pelaku tabrak lari terhadap ibunya ternyata mantan tunangannya Soo Wan dan ditutupi oleh ibunya. juga yang pertama kali membunuh ibunya Dr.Dylan adalah ibunya mantan tunangannya Soo Wan tersebut, namun Soo Wan tetap tidak mau kembali kepada Dr.Dylan. ia memilih pergi jauh dari Dr.Dylan dan hidup disebuah pulau kecil dan mengobati warga sekitar yang membutuhkan.

Berkat bantuan mantan tunangannya Soo Wan, akhirnya Dr.Dylan menemukan tempat dimana Soo Wan tinggal. tetapi Soo Wan tidak mau kembali bersama Dr.Dylan dan Dr.Dylan memutuskan untuk tidak memaksanya. Di perjalanan kembali ke kota, Dr.Dylan mengalami kecelakaan. dan Soo Wan sangat sedih lalu ia membawa Dr.Dylan ke RS di kota. saat itu saya mengira inilah akhir ceritanya. namun penonton lagi-lagi dibuat tidak bisa berkutik. Dr.Dylan selamat dan mereka kembali bersama dan bahagia selamanya.

“Aku akan membahagiakan Park Dong Joo, aku akan membuatnya tersenyum. karena aku telah menyakitinya dan membuatnya menangis sepanjang waktu ini, aku akan menebusnya. aku akan memandangnya selama ratusan dan ribuan tahun seperti cahaya bintang yang sampai ke bumi”. Janji Yoon Soo Wan sebelum drama korea terkeren ini benar-benar selesai.

·         mengetahui kebenaran memang terasa sangat menyakitkan, namun kita punya pilihan bagaimana menyikapinya. satu hal yang saya dapat dari drama ini yakni keyakinan bahwa ayat alquran ini benar-benar untuk dijadikan pegangan hidup manusia “ .....Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. (QS. Albaqarah : 216).



2.       Pinnochio

Drama Korea “Pinocchio diperankan oleh Lee Jong-suk yang berperan sebagai Chio Dal Po atau Ki Ha Myung. dan Park Shin Hye yang berperan sebagai Choi In Ha. Mereka berdua adalah seorang Reporter di dua Perusahaan Penyiaran yang berbeda namun sangat bersaing. Mereka ditugaskan untuk mencari informasi atau fakta, demi membuktikan kebenaran di balik kebohongan yang tersembunyi.
Choi In Ha sejak SMA bercita-cita menjadi reporter berita. Dia juga menderita sindrom yang disebut sindrom ‘Pinocchio,’ yang menyebabkan dia cegukan setiap kali ia berbohong. Choi In Ha juga tidak tahu bagaimana menyembunyikan perasaannya ketika dia menyukai seseorang.
Sebenarnya ada kesamaan antara Pinnochio dan Angle Eyes, yaitu tentang mengungkap kebenaran. namun disini lebih kuat lagi, kita benar-benar diberi pengetahuan bagaimana etika mengungkap kebenaran. dan seperti apa kejamnya dunia. bagaimana tidak kejam jika sebuah fakta disembunyikan dan dialihkan oleh sesuatu yang tidak benar namun masyarakat menerimanya sebagai sebuah kebenaran. jika teman-teman menonton drama korea ini maka teman-teman akan belajar banyak banget tentang dunia penyiaran, tentang seperti apa seorang REPORTER. 

Apa yang membuat saya begitu bersyukur bertemu dengan drama korea satu ini?selain karena Reporter Choi Dal Po ganteng, namun bekerja di dunia Jurnalistik adalah cita-cita saya sejak kecil. namun bedanya saya tidak ingin menjadi reporter melainkan seorang wartawan yang memberitakan kepada dunia tentang fakta melalui sebuah tulisan. menurut saya itu cita-cita paling keren saat itu. membayangkan kemana-mana pergi bersama kamera keren dan alat perekam serta catatan kecil. berlari kesana kemari bertemu dengan banyak orang, mewawancarai banyak orang dan menuliskan sebuah berita. rasanya benar-benar ingin saya lakukan sekarang.
Ki ha myung dan In Ha sama-sama bekerja keras mengumpulkan bukti untuk mengungkap satu berita tentang kebakaran di Pabrik Limbah. semua reporter sedang disibukan untuk mengungkap apa penyebab kebakaran di pabrik limbah tersebut, namun dunia dikejutkan oleh berita ekslusif yang disampaikan oleh reporter Shung Cho ok, dia memberitakan kepada dunia bahwa sebenarnya polisi bisa mencegah terjadinya kebakaran saat ada laporan ledakan di pabrik. namun polisi tersebut hanya melihat dan meninggalkan pabrik begitu saja, esoknya terjadi kebakaran di pabrik tersebut.
Sebenarnya apa yang dilakukan oleh reporter Shung Cho Ok (ibunya Choi In Ha) hanyalah sebuah berita bohong. ia mengedit CCTV yang menjadi bukti beritanya. kejamnya ia mengkambinghitamkan polisi Chan Soo (teman SMA Choi Dal Po dan Choi In Ha) untuk menutupi pelaku sebenarnya. namun Dal Po juga In Ha bekerja keras untuk membuktikan bahwa semua itu bohong. mereka tidak akan membiarkan keluarga Chan Soo hancur seperti hancurnya keluarga Dal Po karena peristiwa kebakaran 13 tahun lalu dimana ayahnya yang tidak bersalah menjadi kambing hitam juga. yang menyebabkan ibunya bunuh diri dan ia terpisah dari kakanya selama 13 tahun. Reporter Shung Cha ok benar-benar membunuh seseorang melalui kata-katanya.
Namun sayangnya ditengah kesibukan mencari penyebab kebakaran, perusahaan penyiaraan dimana Choi In Ha dan ibunya bekerja malah memberikan berita tentang Olimpiade dan ingin mengirim 6 orang reporter untuk meliput Olimpiade di Rusia itu. dan ini sebenarnya merupakan upaya pengalihan yang dilakukan untuk menyembunyikan pelaku sebenarnya.
Setelah berita yang besar menyebar, kemarahan itu mulai mendingin dan seiring waktu pelaku sebenarnya akan terungkap tapi saat itu kemarahan sudah mereda dan tidak ada lagi yang tertarik. begitulah yang diinginkan oleh reporter Shung Cha ok untuk menutupi kebenaran. seolah semuanya akan berjalan baik padahal dia tidak memikirkan apa dampak terhadap seseorang yang menjadi kambing hitamnya. mungkin masyarakat akan lupa dengan adanya pengalihan tersebut namun ia tidak ingat bahwa ada keluarga yang hancur berantakan akibat apa yang dia lakukan.
Choi Dal po seorang reporter yang terus ingin mengungkap kebenaran ini, iapun diliputi oleh rasa dendam terhadap Shung Cha ok, ibu dari orang yang sangat dicintainya, Choi In Ha. kadang ia hilang kendali karena hanya berpikir soal balas dendam namun ia selalu kembali fokus untuk menjadi seorang Reporter yang sesungguhnya.
Dan kesempatan yang sudah ditunggu-tunggu belasan tahun itu tiba, ia telah menemukan bukti dan bisa saja membalas dendam dengan menjatuhkan Shung Cha ok didepan semua orang. namun inilah sebuah keputusan. ia memilih untuk menunjukkan kepada Shung Cha ok seperti apa seharusnya seorang Reporter bertindak. begitulah karakter Choi Dal po atau Ki ha Myung yang terbakar hatinya karena dendam namun tetap dingin di kepala. ia hanya akan memberitakan sebuah fakta, walau ia harus memenjarakan kakaknya sendiri karena memberitakan sebuah kebenaran, bahwa kakaknya seorang pembunuh.
Setelah semua kasus usai, ada satu hal yang menghalangi hubungan Ki Ha Myung dan In Ha, yakni ayah angkatnya atau kakeknya In ha yang tidak mungkin memberikan restu atas hubungan mereka. karena kakek menganggap mereka berdua adalah seorang paman dan keponakan.
Namun Ki Ha Myung meyakinkan Choi in Ha bahwa dia akan meminta restu kepada kakek secara baik-baik.
“Aku tidak akan berbohong lagi. butuh waktu 14 tahun untuk mencari tahu, bahwa kebahagiaan yang diperoleh melalui penipuan akan segera berakhir”.
“saya melihat Seo Bum Jo (Kim Young Kwang ) mungkin sudah bahagia menyadari kebenaran tentang ibunya (ibunya adalah dalang dibalik semua kejahatan itu). tapi bahkan jika dia menyembunyikannya karena takut atau menutup mata karena terkejut, melupakan tidak akan membuatnya pergi”.
“kebenaran harus dihadapi, tak peduli seberapa menyakitkannya, tidak peduli betapa sulitnya, aku akan memberi tahu kakek kebenaran tentang perasaan ini dan berusaha untuk mendapat restunya”.
Dan akhirnya kakek merestui hubungan mereka. yeaayyy happy ending again. ini drama korea terkeren yang saya lihat. sampai-sampai tidak bisa membuatnya berjalan lebih cepat hanya membiarkannya dan menonton setiap detail ceritanya.
Ada lagi kata-kata Ki Ha Myung yang saya suka. “ dia pasti akan menemukan kebenaran, bahkan jika bukan karena kau. tidak peduli bagaimana kau mencoba menyembunyikannya, kebenaran selalu memiliki cara untuk keluar”.
Keren banget kan. saya juga belajar bahwa kita harus sangat berhati-hati dalam menerima sebuah berita apapun itu, dari siapapun itu. ingat harus di klarifikasi dulu kebenarannya, kalau ada dokumen harus diverifikasi dulu keasliannya. jangan sampai kata-kata atau apa yang kita sampaikan atau pernyataan kita menyakiti seseorang. yang kita tidak tahu bahwa ternyata dampaknya akan sangat besar. padahal hanya dari sebuah kata.
ada tips nih sebelum kita bicara, THINK: T: is it True?, H: is it Helpful?, I: is it Interesting? N: is it Necessary? K: is it Kind?.
dan ki ha myung bilang berita penting harus didahulukan daripada berita bahagia.
sudahlah saya berhenti disini saja, karena drama ini terlalu panjang untuk dibahas. hehe. intinya marilah kita sampaikan kebenaran. hanya kebenaran. dan hadapilah kebenaran walau terasa amat menyakitkan. dan ingat tetap dingin walau hati terbakar.




Yeni Nuraeni, dari YGN News. (Ups).




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENGATASI SAKIT SAAT MENSTRUASI DENGAN ENEMA KOPI

Fokus Kekuatan, Siasati Kekurangan!

Memaknai Keajaiban