Hamil dan Ketofastosis



Bismillah

Alhamdulillah saya bersyukur sama allah dikenalkan dengan ketofastosis (kf) life style.
Saya kf sejak november 2016

Saat itu saya sedang masa pemulihan pasca operasi jantung Asd.  Salah satu penyakit jantung bawaan lahir. Karena lubang nya terlalu besar jadi dokter mengharuskan bedah. Jika tidak, kalau nikah nanti tidak disarankan hamil karena akan sangat beresiko untuk janin dan ibunya. Karena alasan itulah saya bersedia untuk tindakan operasi. 2 November 2015 di RSCM. Setelah operasi badan masih sering ngedrop dan rutin ke dokter. Biasanya flu demam batuk jadi langganan.

Tiap ngedrop saya disarankan kf sama temen ngajar, namanya Ivon Sagita. namun saya selalu bilang "masa iya ga makan nasi, atuh lemes". Namun karena sering sakit dan ketemu dia di tempat kerja, saya akhirnya   mau pelajari dulu. Kira kira 3 bulan saya kepoin group kf dan baca baca protokolnya. Eh ternyata ini bukan diet, tapi mengubah metabolisme tubuh yang tadinya menggunakan karbohidrat hijrah menggunakan lemak protein,dengan karbohidrat yang rendah. Meski diperjalanan masih banyak yg belum saya pahami akhirnya saya jalani.

Ketofastosis adalah fasting on ketosis. Inti dari life style ini adalah fasting.  Di islam sudah jelas bahwa puasa itu menyehatkan. Dan juga bukankah ini menyunnah ke rasul. Perbanyak puasa. Nah saat berbuka menu nya yang tinggi lemak n protein rendah karbo. Agar puasa nya kuat. Karena karbo itu nggak bisa bertahan lama di tubuh. Selang berapa jam udah lapar lagi makanya perlu jajan dan ngemil. Jadi kapan puasanya. Karbo itu bikin ketergantungan makan. Saya mengalami sendiri.

Namun sejak kf, makan sama ayam goreng 2 potong, minum vco dan aplikasi IH. Sudah cukup memenuhi 1/3 lambung.

Bismillah, ya allah saya ikhtiar ingin sehat.
Saat itu BB saya 55 dengan TB 153cm. Dan kf harus rajin olahraga seperti plank atau angkat beban.

Awal menjalani kf saya menemukan tulisan teh Eva Badru,  senior di kf.

Ada apa dengan GABA?

By EVA BADRU

Hayoook yang marah2, yang kesel2, yg ga bisa tidur, yg ngamuk2, yg bawaannya pengen makan orang setelah KF, ngumpul dimariii..  😂 😂 😂
Awal KF itu akan ada marah karena sakaw nagih glukosa dan akan ada marah-marah, sensi, ga bisa tidur, tiba2 emosi meledak2 setelah KF nah itu proses healing crisis loh..kok bisa? Yuk baca gimana ceritanya bisa gitu..

Banyak sharing soal Healing Crisis pelepasan toksin dikepala yang terlihat dalam segi psikis. Gejala yang keluar dan terasa seperti :

1. Mimpi buruk, biasanya terjadi pada waktu jam 2-3 pagi.

2. Tidur gelisah, mengiggau/meracau tanpa sadar saat tidur.

3. Perubahan suasana hati atau mood swing. Tiba-tiba merasa sangat sedih, tiba-tiba merasa senang bahagia, cepat marah cepat emosi, tidak sabaran, dll.

4. Halusinasi, seperti melihat "sesuatu" padahal tidak ada apa-apa, mendengar sesuatu tapi tidak ada apa-apa. Pada beberapa orang ada yang pendengarannya lebih sensitif.

5. Delutional, melihat yang baginya nampak namun bagi orang lain tidak tampak.

6. Masih banyak lagi gejala yang lain tergantung kondisi masing-masing individu, seberapa banyak toksin yang menumpuk dalam otak dan tingkat manajemen stress manusia itu berbeda.

Biasanya penderita GERD yang sudah sepaket dengan worry and anxiety bisa mengalami hal-hal tersebut.

Berikut saduran penjelasan pak Agus Tyo, Founder of KetoFastosis Indonesia tentang HC psikis dalam KF. Saduran diolah oleh Eva Badru.

Kenapa kok..KF juga bisa menyentuh aspek psikologis manusia? Ada segi psikis yang diperbaiki dalam krisis penyembuhan (HC). Berikut penjelasan beliau yang aku sadur kembali tanpa mengurangi maksud penjelasan jawabannya.

Sebetulnya, KetoFastosis yang dijalankan efeknya sama pada anak-anak autis, efeknya calming (menenangkan) dan hilang hyperactivity nya

Ada produksi GABA di otak meningkat, dan produksi Glutamate turun.

GABA (Gamma-aminobutyric acid) adalah salah satu asam amino yang paling penting yang dihasilkan dalam tubuh kita. Di otak orang dewasa, bertindak sebagai neurotransmitter inhibisi utama, bekerja untuk menenangkan neuron yang menembak dalam pola bersemangat.

Mengapa GABA meningkat? Karena para pelaku KetoFastosis (ketoers) mereka sudah menggunakan metabolisme lemak, otomatis asam amino meningkat, GABA ikut naik.

GABA yang meningkat membuat kenaikan-kenaikan antar synapse di sel- sel otak lebih terkontrol ketone merupakan bahan baku sintesis cholesterol diotak, dimana cholesterol ini sendiri merupakan bahan utk sintesis "Myelin" yg merupakan insulasi syaraf diotak
sehingga action potential diotak akan lebih sempurna
HC nya yg heboh itu, itu sifat toksin yg negatif yg sedang mengalami rejection, saat Healing Crisis itu detoxnya.

Saat Healing Crisis sedang melepas ROS, Reactive Oxygen Species nya.
Sehingga sebelum bersih dari CSF (Cerebro Spinal Fluid) memicu efek gejala seperti yang disebutkan diatas.

Itu dikepala, jika didarah? sama seperti saat didarah... terjadi pelepasan impurities/toxin dalam jumlah besar, tapi tubuh belum cukup cepat untuk detox keluar melalui colon dan ginjal, saturasinya didarah memunculkan gejala-gejala HC seperti mual, gatal-gatal, sariawan, demam, dsb.

Setelah bab/urin banyak, dan telah selesai melepas impurities hasil house cleaning ini keluar, yaa reda gejalanya.

Jadi, warriors, BERSABARlah. Ucapkan Alhamdulillah, puji Tuhan jika gelaja- seperti ini terjadi, karena itu artinya...kita sedang mengalami pembersihan dikepala dan direversing untuk menjadi manusia yang lebih kalem, sabar, hingga berbudi pekerti luhur  :) (kayak suhu-nya loh...skrg ngerti kan kenapa beliau amat sangat sabar menghadapi kita2? Ga pernah marah dan sangat humble, karena beliau diijinkan Allah untuk menerima ilmu "membuka rahasia berpuasa" dan mampu membuktikan keajaiban berpuasa pada dirinya sendiri )

Science doesnt lie, people does.
Science changes but human bio-chemistry and molecullar, are absolute. Its fitrah, natural, from God.

#KETO_FASTOSIS_INDONESIA
#FASTING_IS_HEALING

***

Awal kf saya kena HC batuk pilek selama 2 minggu. Tapi rasanya itu terakhir kali saya kena flu. Setelah HC badan makin enak. Alhamdulillah.  Sudah bisa banyak aktivitas. Sudah bisa naik motor lagi. Nyuci baju dan nyetrika lagi. Semua bisa saya kerjakan sendiri.

Saya juga sejak Sma setiap haid terasa sakit banget sampe guling guling dan ga bs beraktivitas. Merepotkan banyak orang.

Hingga hari itu tiba. Saya menikah. Alhamdulillah Februari 2017 nikah.

Itu masih masa adaptasi kf. Dan saya merasakan banget emosi terus ke suami. Duh kasian suami jadi korban.  Hehe. Maafkan ya mas. Namun selang beberapa waktu setelah itu saya jadi lebih kalem. Lebih bisa menerima. Rasanya ga pengen marah marah kalau ada hal gaenak. Dan lebih bersemangat menjalankan peran sebagai istri.

Alhamdulillah saya makin merasakan manfaat kf.  Tubuh meski sekarang turun bb jadi 47 tapi asli ga gampang cape. Tubuhmu adalah dokter mu. Saya sudah tak pernah minum obat apapun.


Tapi haid masih terasa sakit.

Saya cek ke spog. Dan ternyata ada myom 4cm. Ada kista juga 2,5cm. Dokter ngga ngasih obat. Dan sejak saat itu saya makin rajin konsul ke senior senior kf.  Ke mas tyo, mba anna, teh sanny, teh Monick, teh susan. Dll.

Saya masih ingat obrolan sama suhu Ivon.  "bersyukur dengan KF penyakitnya di perlihatkan. Jadi tau penanganan nya bagaimana. Kr kf memperbaiki hormonal jadi patogen akan Muncul dan tubuh akan memyembuhkan semoga Setelah ini bisa hamil" begitu tutur nya selalu menenangkan.

Saya sama suami rutin ke sopg untuk cek myom. Berjalan - +6 bulan setelah nikah myom masih 4cm. Tapi alhamdulillah haid nya udah nggak sakit lagi. Haid makin deras tapi badan fit. Kegiatan pun makin banyak. Ya jika dibandingkan dengan saat saat sakit jantung dulu. Jangankan naik motor, jalan kaki pun saya ga bisa agak jauh.


Desember 2017 saya cek dr. Spesialis jantung alhamdulillah fungsi jantung normal dan bagus. Saya juga ke spog. Myom masih ada.  Hingga Januari saya telat haid 3 minggu.

Alhamdulillah luar biasa bahagia. Allah kasih garis 2. Saat pertama ke spog dokter pun sangat seneng pasien myom nya hamil juga.
"tuh kan... bagi allah mah bisa aja" begitu tutur dokter.

Namun perjalanan ini tak se mulus jalan tol.

Kehamilan dengan pola makan yang low karbo bikin semua orang di rumah khawatir, termasuk suami. Semuanya menentang pola makan ini. Kasian janin. Saya lumayan Stress. Nggak terima di bilang ga sayang sama dede utun. Belum lagi ditempat kerja banyak yang bilang macem macem soal bayi nya kelak. Pengen nangis. Kenapa nggak bisa mengerti kalau saya ikhtiar ingin sehat. Tentu buat janin juga.  tapi gimana lagi.saya paham kekhawatiran itu wajar karena ini aneh. Namun tetap saja Itu berhasil bikin saya nangis terus di awal krhamilan. Bukannya fokus ke janin,  saya malah fokus ke omongan orang orang. Rasanya lelah.
Tapi saya tak ada kata menyerah. Saya obati sendiri dengan banyak tilawah dan doa. Suami yang semakin pengertian pun menjadi obat mujarab bagi saya untuk makin rileks dan enjoy menjalani kehamilan inii

Saya setiap cek ke spog selalu konsultasikan pola makan saya dan dokter bilang aman. Asal asupan nutrisi cukup terpenuhi ga makan nasi ga masalah. Namun tetap saja tak cukup membuat orang orang berhenti mengatakan ini dan itu yang bikin kepikiran.

Di kf ada protokol sendiri untuk yang hamil.
Saya menjelaskan protokol kf bumil juga ke suami tercinta.

Neni M Lutfi:
🎀🎀 PROTOKOL KF IBU HAMIL 🎀🎀

1. Tidak ada jam puasa, bisa makan kapan saja, agar tidak defisit kalori. Jika malas makan, makanlah sedikit2 tapi sering.

2. Masuk fase maintenance
• Menunya adalah sesuai dg fase maintenance yaitu dari sumber hewani dan tambahan dari sayur dan buah ketofied.
• Sayur dan buah diperbolehkan untuk merangsang nafsu makan saja, dan max carb adalah 20 g, yaitu carb dari sayur dan buah tsb.
• Buah dimakan setelah makan utama saja.
• Namun menu induksi pun tidak masalah dipilih, asalkan tidak puasa dan sering makan.

3. Utamakan makanan dari sumber hewani, terutama jenis ikan, karena protein ikan lebih mudah untuk diserap/dicerna.

4. Tidur harus bagus di bawah jam 10 malam.

5. Stres harus terkontrol, atau tingkat stresnya rendah.

6. Asupan lainnya:
a. Vitamin dari luar yang dianjurkan oleh dokter dibolehkan untuk dikonsumsi, namun asupan yang alami lebih baik seperti alpukat, ati ayam, ati sapi, dll.
b. Teh hijau tidak diharuskan setiap hari, asalkan makanannya dijaga tidak melebihi max karbo.
c. Asupan air putih disesuaikan dengan volume BAK nya.
d. Penggunaan VCO tidak disarankan utk diperbanyak atau dilanjutkan jika mengurangi nafsu makan dan membuat mual.
e. Penggunaan IH dibolehkan lewat oral dan intrarectal untuk terus dilanjutkan atau digunakan jika ada gejala seperti mual dan aslam.
f. Tidak perlu susu khusus hamil. Tapi jika ingin susu, gunakanlah hanya susu almond, atau susu whey isolate dengan mix whipcream atau santan.

-•-•—-•—-•——•——-•——-•——-
❗❕ Penanganan Khusus

1. Jika terjadi gejala seperti aslam, atau mual yang biasanya terjadi di trimester pertama, maka aplikasikan IH 2 jalur, yaitu oral dan intrarectal. Pastikan BAB lancar agar aslam dan mualnya cepat reda.

2. Jika mual dan susah makan, bantu dengan minum whey isolate atau casein isolate, sbg sumber proteinnya.

3. Setiap ada gejala, pastikan BAB lancar. Namun BAB ga mesti setiap hari.

Alhamdulillah suami sudah lebih tenang dan mensupport pilihan saya untuk tetap kf selama hamil.

3 bulan kehamilan saya kata dokter masih ada myom nya malah makin besar. 5cm.

Bagi penderita myom dilarang makan daging merah. Pas awal hamil saya kangen banget sama sate kambing. Jadi saya makan sate kambing. Sepertinya itu memang memicu pertumbuhan myom. Kapok jadinya. Saya kembali fokus ke ikan.

Saya konsul lagi dan lagi ke senior kf. Juga terus kencengin doa.  Saya hindari daging merah dan banyakin ikan di menu nya.  IH meski jarang di aplikasikan. Tp selalu sedia. Vco sejak hamil ga minum kr enek.  Cuka apel rutin minum. Minum omega 3.  Buah buahan makan. Terutama stoberi atau kiwi. Yang asem asem. Saya selalu ingat pesan para senior, real food adalah suplemen vitamin terbaik bagi janin. Alhamdulillah sejak awal hamil makan saya termasuk lebih banyak daripada temen teman hamil lain di tempat kerja.  Saya gada mual sejak awal. Meski masuk bulan ketiga akhir sempet mual mual tp sebentar. Alhamdulillah alhamdulillah


Masuk 15w alhamdulillah atas izin allah dokter bilang gada myom. Kista ada tapi kecil dan ga bahaya. Dede utun nya 8,6cm dg 112gr. Sehat. Banyak gerak dan detak jantung nya kedengeran.

Alhamdulillah semangat untuk yang sedang ikhtiar menyembuhkan sakit apapun. Saya selalu terinspirasi oleh teh Eva Badru yang berjuang lebih berat dari saya untuk sembuh dari myom. Terima kasih teh Eva Badru. Terima kasih suami yang selalu support apapun pilihan saya. Terima kasih ayah prayogi. Terima kasih suhu Ivon Sagita. Terima kasih mas tyo.  Terima kasih semuanya..

Fabiayyialaairobbikumatikadzibaan.

Komentar

  1. wah mba..2 bulan terakhir ini saya sempat dikenalkan ttg kf..sama guru saya..tapi karena belum termotivasi banget jadi ga ada kemauan lebih dalam buat tahu ttg kf..baru gabung grup fb nya aja..aku udah 3 tahun menikah..dokter minta turun bb.aja..alhamdulillah tinggal 1 kg lagi ke target, pengen wa mba nih jadinya..hehe..makasih mba sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba anita. Mangga sharing saya juga masih harus banyak belajar soal kf.

      Hapus
  2. Mba . Untuk vco kapan di minumnya ya
    Saya lagi hamil dan gdp 2 jam tinggi , harus diet karbohidrat dan insyallah saya mau sekalian KF aja

    BalasHapus
  3. Vco diminum pagi nanti saya share jam minum nya wa aja ya. 089699742842

    BalasHapus

Posting Komentar

Thanks for reading. Sharing is caring

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENGATASI SAKIT SAAT MENSTRUASI DENGAN ENEMA KOPI

Fokus Kekuatan, Siasati Kekurangan!

Memaknai Keajaiban