Pengobatan Jantung ASD

Jantung ASD
RSCM, 2015


Bismillah


Pagi ini suasana rumah sakit hasna medika tidak jauh beda dengan tiga tahun silam. Penuh banget antrean nya. Orang-orang yang menunggu panggilan tersebar di seluruh penjuru kawasan rumah sakit yang berlokasi di Palimanan Cirebon ini.

Perjalanan saya 3 tahun terakhir ini memang akan sangat panjang jika di tulis.  Namun saya coba meringkas saja.

Dr. Loebis adalah dokter sp. Jantung yang pertama kali menyarankan saya untuk secepatnya mengambil tindakan operasi. Sebenarnya saat itu bukan hal yang asing saat saya tahu bahwa saya punya penyakit Jantung Bawaan.  Yaitu sekat antara serambi kiri dan kanan nya bocor. Namun awalnya dokter hanya menyarankan minum obat.

Tapi saat bertemu dr. Loebis beliau meminta saya untuk segera operasi karena ternyata bocor nya sudah besar. Akhirnya saya mengurus persyaratan Bpjs dan mulailah petualangan ini dengan periksa ke RSHS bandung.

Disana entah berapa kali saya konsultasi dengan dr. Sp. Jantung ada banyak sekali proses pemeriksaan yang harus dilakukan namun satu pemeriksaan satu kali datang. Yang jeda nya kadang 1 bulan atau lebih. Sementara kondisi fisik saya makin lemah. Makin ngedrop.

Saat itu saya sering merasa sakit dada hingga ke punggung. Nggak kuat jalan kaki. Kalau terpaksa harus jalan kaki,  saya akan muntah. Tandanya itu sudah melebihi batas kemampuan badan saya.

Untuk mengatasi keluhan itu saya hanya rebahan dan minta temen atau emak buat ngolesin balsem ke punggung. Biasanya itu bikin nyaman dan sakit mereda.

Hampir satu tahun berlalu. Tak ada kemajuan soal tindakan operasinya. Alhamdulillah atas izin allah akhirnya saya pindah periksa ke RSCM Jakarta.

Atas izin allah dan kebaikan sodara saya yang bekerja disana. Alhamdulillah saya langsung di ambil tindakan.  Pemeriksaan before operasi hanya 1 bulan. Dan 2 september 2015 saya operasi Asd atau Atrial Septal Defect.
Terima kasih banyak teh reni yang selalu sabar dan baik banget mendampingi selama di rumah atau di Rs.

Alhamdulillah operasi Atrial Septal Defect berjalan lancar. Dokter yang menangani nya saat itu Dr. Rubiana. Dokter yang Care banget sama pasien nya.

Alhamdulillah pemulihan pun berjalan dengan baik. Saya sangat bersyukur karena allah memberikan begitu banyak kebaikan. Saya dikelilingi orang-orang baik dan positif. Selalu mengajak saya untuk terus mendekat ke allah. Selalu berada disekitar orang yang baik dan tulus. Selalu bertemu orang baik. Meski baru kenal. Meski baru ketemu.

November 2016 saya cek up ke dr. Loebis dan alhamdulillah semua normal dan berfungsi dengan baik.

Lega? Iya banget. Alhamdulillah Allah baik banget. Apalagi saat itu saya sedang bersiap untuk menuju ke petualangan hidup baru,  yakni pernikahan.

Bertemu dengan calon suami saat mengurus emak yang sakit jantung juga membuat saya akhirnya bercerita panjang lebar soal kondisi fisik saya ini. Saya mungkin bukan wanita sempurna untuknya. Namun jawaban nya benar2 menenangkan.
"sudah diobatin kan? "

Atrial Septal Defect yang kadang terdengar menakutkan,  saat itu terasa biasa saja. Dan itu sangat ampuh membuat saya lebih sehat.

Saat ini saya kembali ke dokter Loebis bersama suami tercinta.  semoga ini hanya agenda silaturahmi aja untuk sekali lagi berterima kasih atas kebaikan dr. Loebis yang sejak awal Menyarankan saya operasi meski saya sangat tak ingin waktu itu.


Atrial Septal Defect menurut saya bukan soal sakit fisik saja. Tapi saat pasien mendapatkan perhatian dari keluarga,  penerimaan,  pengertian dan kelembutan dari orang-orang sekitar akan sangat membantu proses penyembuhan.

Dan beruntung nya saya sebagai pasien Asd jantung menikah dengan sosok yang luar biasa dewasa,  lembut,  bijak dan sangat sabar dan pengertian. Semoga allah selalu  menjaga dan memberikan kesehatan ya ayah.


Pesan suami yang akan selalu saya ingat,  apapun kondisi nya harus bahagia. Maka saya sudah memutuskan untuk bahagia saat ini juga. Saat nanti juga. Seterusnya.  Bahagia karena allah masih memberikan nafas pada pasien Atrial Septal Defect ini. Alhamdulillah bahagia karena masih bisa berinteraksi dengan keluarga. Keluarga yang semakin bertambah anggotanya. Semoga sehat selalu hingga kelak allah karuniakan kami keturunan. Amiin

Buat Temen2 siapapun yang perlu info seputar pengobatan Asd. Atau sakit jantung apapun,  tentang info rs hasna medika Indramayu,  palimanan,  RSHS,  RSCM. Rumah singgah pasien RSCM. Mangga sharing ya. Semoga sharing ini bisa bermanfaat.

Cintailah jantungmu sebelum memutuskan untuk mencintai siapapun.

Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENGATASI SAKIT SAAT MENSTRUASI DENGAN ENEMA KOPI

Fokus Kekuatan, Siasati Kekurangan!

Memaknai Keajaiban