Toilet Training Alya

Bismillah

Sore ini saya meninggalkan alya bersama uwanya, saya pergi ke dokter gigi tidak begitu jauh dari rumah kaka saya. Alya yang biasanya gamau ditinggal it dibawa main sama uwanya.

Sesampainya didokter gigi ternyata gigi saya harus dicabut tapi dokter memberi saya obat dulu agar sakit giginya sembuh nanti cabut setelah ga sakit. Alhamdulillah ga terlalu lama saya perginya.

Sesampainya di rumah kaka, alya langsung berlari ke arah saya dan teriak "mamaaa". Masya Allah harunya. Saya langsung peluk dan gendong. Usianya yang sudah 15 bulan membuatnya mengerti kalau emaknya pergi. Dan dia langsung bilang pipis. Karena sore itu mau saya tinggal dan beberapa hari dia belum bab jadi saya pakein pampers khawatir bab saat saya pergi. Dan balik lagi ke alya yang bilang pipis. Saya malah jawab " ade pake pampers gapapa pipis di pampers ya"

Dia lanjut main. Saya pun minum obat dan nonton tv. Ya Allah menjelang magrib saya mencium bau gaenak dari pampers alya. Saya langsung cek dan ternyata dia pup. Uwa yang sedang duduk di depan alya langsung bilang "pantesan tadi bilang mama ee mama ee"

Ya Allah maafkan kami nak, yang kurang peka sama permintaanmu. Padahal mama yang selalu bilang kalau mau pipis atau pup bilang mama ya. Hiks ada rasa sedih karena membiarkan pampers nya dalam keadaan pup dr sore. Namun saya pun bangga ternyata alya sudah mulai klik soal pipis dan pup. Dia konsisten bilang, harusnya saya sebagai ibunyĆ  juga konsisten meresponnya. Langsung dibawa ke toilet. Maafin mama ya sayang. Selama ini alya memang belum bisa bedakan antara ee dan pipis. Jadi tadi saya kira pipis. Karena bilang pipis.

Besok kita kerjasama lagi ya.

Alya saya pake pampers saat usianya 4 bulan dan berhenti pake pas usia 13 bulan. Kecuali bepergian masih saya pakein pampers. Berbarengan dengan dia belajar Jalan saya biasakan belajar TT. Alhamdulillah luar biasa ternyata anak itu gimana treatment kitanya. Kita konsisten anak pun akan paham. Walaupun masih suka pipis dicelana tapi alhamdulillah so far alya paham dia pipis dan bilang emaknya. Masya Allah tabarakallah. Semoga lulus proses TT nya ya. Bukan hanya anaknya yang lulus tapi emaknya juga.

Tips TT :
1. Sounding
Apa itu sounding?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENGATASI SAKIT SAAT MENSTRUASI DENGAN ENEMA KOPI

Fokus Kekuatan, Siasati Kekurangan!

Memaknai Keajaiban