Surat untuk Alya



Assalamualaikum ade alya....

Alhamdulillah selamat datang sayang....

Sayang ini adalah surat pertama mama buat ade sejak ade lahir. Ade lahir tanggal 27 Agustus 2018 hari senin jam 8.45 pagi dengan sc di Rumah sakit Sumber Kasih Cirebon oleh dokter Amelia yang cantik dan baik. BB ade 2,5 kg dan tinggi 46 cm. dan ayah memberi ade nama yang cantik juga “Shalifa Bilannisa Azhalya” yang artinya seorang khalifah yang memberi jalan terbaik. Well, sekarang tanggal 23 September 2018, wah ade sudah satu bulan kurang 4hari ya. Selamat bertumbuh dengan bahagia sayang.
Pertama kali ayah gendong ade

Sebenarnya sejak sebelum hamil mama sering nulis surat buat ade, nanti ade bisa baca juga ya.

Alhamdulillah Ade hebat dan sholeha, sejak awal hamil, tidak ada mual muntah hingga ade lahir, di trimester awal mama hanya sering pusing aja dan sering ngantuk, jadi mama sering bobo. Terima kasih ade mau bekerja sama dengan baik.  Waktu itu mama masih ngajar di SMK terus habis ngajar mama suka ikut tidur di ruang TU (tata usaha) hehe. Trimester pertama itu perjuangan banget dalam menata emosi dan stress. Semua orang selalu bilang hal negatif tentang ade karena mama nggak makan nasi, meskipun mama yakin dengan pola makan mama (ketofastosis) tapi ibu mana yang tak khawatir jika calon bayinya di kata-katain yang negatif, jadi mama sering banget periksa ke dokter, malah sebulan suka dua kali. Dan alhamdulillah hasil periksanya selalu baik.



Mama pernah dirawat di RS karena Types dan saat itu mama khawatir banget sama keadaan ade, ade baru 4 bulan dan saat itu pertama kalinya dokter bilang jenis kelamin ade perempuan. Saat mama sampaein ke ayah, ayah seneng banget karena ayah pengen bayi perempuan. Alhamdulillah sakitnya nggak lama. Dari sakit itu mama semakin tahu kalau ayah itu sayang banget sama ade, ayah sangat khawatir dan merawat mama dengan baik dan telaten. Ayah memang ayah siaga yang hebat.

Di trimester kedua alhamdulillah badan mama makin fit, tapi mama masih terus melihat perut yang tak juga membesar seperti bumil lain. tapi tak ada masalah, setiap periksa ke dokter ade selalu aktif bergerak dan sehat, mama bangga sama ade karena ade selalu bisa diajak kerja sama. Hal yang menyenangkan saat hamil ade adalah ngajak ngobrol ade. Mama sering banget ngobrol sama ade, kaya lagi masak, nyetir motor, mau bobo, setelah ngajar. Oia ade sering nendang-nendang mama kalau mama lagi ngajar. Ade lagi ikut belajar ya?

Usia 7 bulan mama memutuskan untuk resign dari smk.  Setelah ngobrol panjang sama ayah. Alasan nya, mama tahu masa bayi itu gakan lama. Tau tau nanti ade udah gede. Udah masuk sekolah. Nah mama gamau melewatkan momen emas ini gitu ajaa.  Mama ingin membersamai ade. Mama ingin mama yang mandiin ade, yang bacain buku buat ade, yang pakai in ade bedong,  mama pengen jadi orang pertama yang tahu tiap detail perkembangan mu sayang. Hanya itu keinginan mama. Mama ingin ada, saat ade nyari mama. Kapanpun. 

Alhamdulillah masuk trimester tiga tidak ada kendala juga, ade sehat terus meski BBJ sering kurang dan bikin dokter marah-marah karena mama ga makan nasi tapi mama yakin ade sehat selalu. Mama selalu berdoa agar Allah selalu jaga ade. Sekarang mama jadi lebih sering pipis apalagi kalau malam jadi mama sering ga tidur.

Mama seorang bumil yang panikan dan khawatiran tapi itu karena saking sayangnya mama ke ade. Tapi sungguh mama bumil yang bahagia. Oia mama punya panggilan sayang lho waktu ade masih di perut, panggilannya “ade tangguh” mama berharap ade tumbuh menjadi janin yang tangguh dan anak yang tangguh saat sudah lahir kelak.



Menjelang melahirkan mulai galau tuh mama, karena sejak awal mama berharap banget bisa lahiran normal sayang, apalagi ade udah masuk panggul dan bbj nya 2,4. Mama optimis normal tapi dokter berkata lain, karena mama ada riwayat operasi jantung jadi dokter mengharuskan mama untuk lahiran caesar. Ayah juga nyuruh mama sc karena ingin mama sama ade selamat sehat semua. Mama terus berdoa minta petunjuk sama allah dan minta yang terbaik saja. Akhirnya mama menerima untuk sc, mama pasrah sama Allah.

Ada nasehat dari sahabat mama sebelum mama melahirkan yang bikin tenang.

“kita harus fokus laa maujuda illallah....saya hamil dengan kondisi seperti ini sekarang mewujud adalah dengan izin allah. Laa ma”buda illallah saya menjalani peran ibadah saya sebagai istri dan calon ibu hanya mengharap ridho Allah bukan siapapun dan appaun. Maka gantungkan harapan kita setinggi-tingginya kepada pemilik diri kita. Ya allah aku serahkan kondisiku, kondisi bayiku, kondisi pasca lahiranku, kondisi lingkungan sekitarku saat itu, padaMu dengan skenario terbaikMu yang dengannya aku dapat beribadah padaMu”

“fokus pada tauhid karena proses kelahiran adalah medan jihad bagi seorang calon ibu ...yang sangat tipis bisa terjungkal ke keluh kesah tak bertepi, atau meningkat ke kualitas mukmin muslim bahkan bisa meloncat ke level syuhada. Tentang biaya kelahiran...Allah menjamin rezeki setiap makhlukNya yg melata, berjalan, yg tersembunyi dibalik batu, yang tampak, dst apalagi ini makhluk Allah yang mulia...manusia.”

“da kalau dijawab pake ilmu managemen keuangan, managemen stress, managemen prioritas, dst, maka teori-teori akan muncul. Tapi apakah kita akan selamat dengan teori manusia tsb?TIDAK. kita hanya akan selamat dengan kokohnya tauhid kita. “

“jangan sampai salah fokus. Apalagi saat lahiran teh, menit-menit menuju kelahiran yang kontraksinya itu subhanallah, apakah kita akan menjerit-jerit keluh kesah?atau nikmati itu semua dengan dzikir tahmid tasbih, takbir. Atau misal sc tak akan mengalami kontraksi-kontraksi itu tapi saat bius total dan merelakan perut kita dioprasi tanpa tahu akan bagaimana, apakah luka sc nya yang infeksi, yang gatal, yang ga bisa duduk lama...itu semua kita gelap teh...kita gelap akan masa depan, gelap pengetahuan kita akan masa depan itu harus diimbangi dengan TAUHID supaya selamat.”

“apapun ya Allah masa depan yang Kau takdirkan untukku dan calon bayiku, selamatkan kami. Selamatkan bukan hanya fisik, tapi keimanan kami, jiwa kami”Aamiin.

Masya allah nasehatnya jleb banget, mengena banget dan membuat mama sadar kalau selama ini mama sudah salah fokus. Mama terlalu mengkhawatirkan apa-apa yang sudah allah jamin. Lalu mama berusaha kembali fokus ke allah, mendekat ke allah lebih dekat lagi. Waktu kelahiran ade pun semakin dekat.

Rencana sc satu minggu lagi, tapi Allah punya rencana lain, mama periksa ke bidan dan ternyata sudah pembukaan 1 dan esoknya mama langsung ke RS. Sedang ayah baru sampai di Jakarta. Ini pun menjadi ujian kelurusan banget. Saat hati terus berharap suami berada di sisi, maka allah uji dengan lahiran lebih awal dari rencana saat suami sedang bekerja di luar kota. Hati.....pagi itu sulit sekali pasrah bahwa Allah lah penjagaku dan bayiku. Tapi akhirnya mama bismillah masuk ruang operasi diantar uwa ihat, mamih dan eyang juga uti ulis.


Mama terus berdzikir juga baca arrahman yang mama lupa ditengah-tengah apa lanjutannya. Mama ganti baca surat-surat pendek. Ya allah ini lah waktunya...hamba serahkan kepadaMU...selamatkan kami ya Rabb....selamatkan bukan hanya fisik tapi akidah kami, jiwa kami. Semalem mama sudah sounding ade “Ade besok kita berjuang bersama ya, kalau dokter sudah kasih aba-aba  buat keluar ade keluarlah dan menangislah yang kenceng ya.”

Efek bius mulai terasa, kaki semakin dingin dan semakin mati rasa, mama pun semakin mengantuk sampe akhirnya tertidur dan bermimpi meski mulut terus dzikir. Mama mimpi masuk ke sebuah lorong panjang dan menanjak dan ada yang bilang “ini adalah fase kehidupan, belum selesai ini masih berproses jika kau sampai di ujung sana maka selesailah prosesnya dan selamat.” Nafas mama di mimpi itu sesek karena tak ada udara tapi mama harus terus melangkah. Mimpi itu terhenti begitu saja saat mama merasakan perut ditekan sangat keras dan ada yang di tarik dari perut mama, lalu terdengarlah suara tangis ade yang kenceng. Saat mama tahu ade perempuan air mata mama meleleh. Alhamdulillah. Diatas meja operasi itu mama menangis sejadi-jadinya. Tumpah airmata bahagia dan lega mama. Meski masih kaya sadar ga sadar, mama paksa membuka mata yag berat banget. Ah mama seneng banget ade sudah lahir ke dunia. Yeay kerja sama kita berhasil sayang. Ade hebat banget. Ade mendengarkan mama juga dokter.



Dan setelah proses melahirkan selesai, hal yang mama sukai lagi di rs yaitu saat IMD (inisiasi menyusu dini). Satu jam setelah lahir ade ditaro diatas dada mama terus di foto sama mba suster, lalu ade disuruh nenen dan ade bisa nenen dengan pinter nya dan alhamdulillah sampe saat ini semoga seterusnya asi lancar. Bisa Menyusui ade adalah impian mama sejak awal hamil. Mama bangga banget sama ade. Ade benar-benar tangguh.

Setelah itu....ayah datang dan mama sangat bahagia. Ayah adzan ditelinga ade. Setelah mama dan ade masuk ke kamar rawat, ayah menjaga mama juga ade dengan sepenuh hati, dengan telaten meski mama tahu ayah sangat capek baru sampai dari Jakarta. Naik motor pula. Itulah perjuangan seorang ayah nak. Semua daya upaya semaksimal Mungkin diberikan untuk ade dan mama. Mama yang tak mampu apa apa pasca sc tapi karena ada ayah semua ditangani nya. Ayah bener bener ayah siaga. Alhamdulillah. Terima kasih ayah. Dan selamat sudah jadi ayah. 

Terima kasih Allah atas anugerah terindah dalam hidupku ini.



Sayang....akhirnya kita memulai hidup baru. Saat mama menulis surat ini ade masih tertidur disamping mama setelah menyusu lama tadi. Ade alya....mama sayang banget sama ade. Semoga ade tumbuh menjadi anak sholeha ya...anak yang menjadi jalan hidayah bagi orangtuanya dan juga banyak orang, anak yang tumbuh sesuai fitrahnya, anak ayng murah senyum, anak yang pandai, anak yang rajin ngaji dan shalat, anak yang selalu menjaga hak-hak allah, anak yang mengenal islam, mengenal Allah dan Rasulullah dan menjadikan ridho Allah sebagai satu-satunya tujuan hidup. Aamiin.

Sayang, bukan hanya mama yang bahagia atas kelahiranmu tapi juga ayah.
Juga nenek, juga semua keluarga besar ayah dan mama. Ade alya terima kasih ya telah hadir merubah segalanya, menceriakan rumah, semoga mengubah mama menjadi sosok yang lebih baik, lebih dewasa, lebih bijak. Aamiin.

Ade alya...maafkan mama ya sebagai ibu baru,  masih banyak banget kekurangannya. Mari kita berbahagia, mari kita membaca buku bersama, mari kita bermain bersama, mari kita ngaji bersama, dll. sehat terus ya ade alya. Mmuach.
Sampai disini dulu ya nak suratnya.

Wassalamualaikum

Dari mama yang ingin selalu ada buat ade alya.

Komentar

  1. Selamat atas kelahiran putrinya....semoga menjadi anak yang solehah, dan sehat selalu...Aamiin

    BalasHapus
  2. Terharu baca kisahnya. Selamat datang Alya. Semoga jadi anak solehah kebanggaan orang tua ya, sehat selalu sampai dewasa nanti. Amiinn

    BalasHapus

Posting Komentar

Thanks for reading. Sharing is caring

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENGATASI SAKIT SAAT MENSTRUASI DENGAN ENEMA KOPI

Fokus Kekuatan, Siasati Kekurangan!

Memaknai Keajaiban