Menjadi seorang ibu sekaligus seorang anak

Bismillah
Assalamu'alaikum sahabat
Apa kabar hari ini?
Hari ini meski lemes karena banyak hal terjadi tapi saya tetap bersyukur atas kehidupan ini. Alhamdulillah saya masih berbaring di samping ade bayi cantik yang baru berusia 1,5 bulan.  Saya paling suka menatap wajahnya saat dia tertidur. Teduh banget wajah yang belum punya dosa.

Meskipun saya LDM dengan suami, jangan dikira saya seorang diri di rumah. Tidak. Di rumah rame sekali. Bahkan kadang saya ingin lari ke tempat yang sunyi. Tanpa suara. Tanpa teriakan.  Hanya ada saya dan ade bayi. Namun inilah realita yang harus saya syukuri.

Sudah beberapa hari ini di rumah ada emak (ibu kandung saya).  Tapi subuh tadi emak terbangun dengan kaki yang ga bisa di gerakan. Pagi pagi seperti biasa saya beres kan tugas sebagai ibu. Memandikan ade, dan beresin kamar juga rumah. Namun di jeda ade tidur saya ga bisa masak, selain karena ngantuk juga karena rasanya gada energi buat masak. Tapi saya khawatir melihat emak yang belum makan.

Emak seharian tidur terus. Alhamdulillah ada yang jual lauk mateng ke komplek rumah. Akhirnya saya beli buat makan saya dan emak.  Jam 2 siang kaka saya datang bersama anaknya. Kami pun mengobrol sambil makan baso. Sedangkan emak hanya makan telor rebus.

Hari ini saya belum juga belajar dari tantangan kemarin. Kemarin saya masak sambil mencuci baju. Dan ternyata itu salah. Harusnya one bite a time. Apa itu? Lakukan setahap demi setahap dan pantang menunda. Hari ini saya masih menunda mencuci baju. Menunda masak juga. Karena alasan ngantuk. Padahal ade bayi lumayan anteung.

Setelah ade mandi sore, dia tertidur pulas. Saya Memutuskan untuk masak. Di kulkas ada tahu dan toge.saya masak sayur bening aja. Dan ingat hanya memasak sampai selesai. Meski cucian sudah menanti. Saya berusaha untuk menyelesaikan masak. Lalu makan. Emak belum juga mau makan. Dan bapa saya pun datang buat nengok emak. Saya kembali ke dapur untuk mencuci baju ade. Saya cuci sampai selesai dan azdan maghrib pun berkumandang.

Kata emak "ade gendong udah maghrib"  tapi saya malah meminta kaka saya buat gendong ade. Tapi kaka saya juga sibuk menyuapi anaknya yang masih 6 tahun. Setelah beres nyuci baju, tiba tiba emak pamit pulang. Saya rasanya berat mengizinkan emak pulang. Karena saya lebih nyaman kalau di rumah ada emak. Ah emak. Cukup dekat dekat emak aja saya udah punya semangat buat jalanin hari hari bersama si kecil.

Hari ini saya berhasil menyelesaikan tantangan masak juga mencuci sendiri. Namun saya menutup hari dengan sedih, sedih karena emak pulang dalam kondisi kaki nya sakit. Ga bisa jalan. Duh ga tega liat nya. Pengen ikut nemenin namun tak bisa. Semoga emak sehat kembali dan bisa nemenin lagi disini. Aamiin. Emak i love you. Sehat ya. 

#day4
#tantangan10hari
#gamelevel2
#kuliahnbundasayang
#melatihkemandirian
#iip

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENGATASI SAKIT SAAT MENSTRUASI DENGAN ENEMA KOPI

Fokus Kekuatan, Siasati Kekurangan!

Memaknai Keajaiban