Fitrah anak

1⃣ ❤betul teh yeni. fitrah seorang anak itu akan muncul dan terjaga jika orang tua merawat fitrah tersebut 😊

dalam membantu menemukan misi spesifik anak, diperlukan observasi orang tua pada anak anaknya dalam waktu panjang secara telaten dan penuh empati.

✅usia 0-6 tahun

kenali atau observasi “sifat unik” dan “fisik unik” anak dalam keseharian atau dalam berkegiatan.

apa itu sifat unik? sifat unik ini adalah bawaan lahir (karakter bawaan) unik yang nampak sejak lahir, disebut dengan fitrah bakat.

secara umum “sifat unik” dimulai dengan kata “suka”. misalnya suka mengatur, suka mengendalikan, suka waspada, suka menganalisa, suka memperbaiki, suka bersahabat dstnya.

kalau fisik unik, nampak pada keistimewaan fisik, misalnya olahraga, menari, memasak dstnya. biasanya fisik ini yang dianggap fitrah bakat, padahal sifat juga fitrah bakat, dan lebih sulit dikenali.

jika merujuk pada penemuan Gallup, maka ada 34 sifat unik, dimana seorang anak umumnya memiliki 5 sifat, kombinasi 5 dari 34 sifat (tema kekuatan).

✅ usia 7-10 tahun

jika sifat unik sudah dikenali maka sekarang rancang kegiatan atau beri aktifitas yang relevan dengan sifat unik tsb. misalnya jika suka mengatur, maka coba (memang coba coba) beri aktifitas misalnya mengatur orang (personalia) atau mengatur perabotan (design interior) atau mengatur dokumen (arsip) atau mengatur mobil (tukang parkir) dstnya.

sampai ditemukan aktifitas yang benar benar *4E – Enjoy, Easy, Excellent dan Earn* . yaitu aktifitas yang benar benar dia bahagia, mudah, hebat dan banyak manfaatnya.

biasanya aktifitas yang merupakan potensi unik anak, akan sangat ditunggu tunggu ketika akan memulainya, lalu dunia seperti berhenti berputar ketika melakukannya, dan akhirnya tidak mengatakan “alhamdulillah selesai juga” tetapi “kapan lagi mau melakukan aktifitas seperti ini lagi?”

aktifitas yang 4 E inilah sesungguhnya merupakan fitrah bakatnya. seorang anak bisa punya beberapa aktifitas yang 4E.

hati hati bahwa “Hebat belum tentu Bakat”, Excellent harus dibarengi Enjoy dan Easy agar bisa disebut potensi bakat.

Diharapkan selambatnya usia 10-12 anak sudah kenal dengan potensi bakatnya, sehingga pengembangannya bisa dimulai sejak usia 10 tahun atau selambatnya usia 12 tahun.

✅usia 10-14 tahun (pre aqilbaligh)

jika potensi bakat sudah ditemukan, maka kita bisa membantu anak untuk merancang pengembangannya (personalized curriculum). isinya adalah kegiatan magang, proyek dll berbasis potensi bakatnya.

jangan lupa berikan skill dan knowledge pendukung yang dibutuhkan untuk pengembangan bakatnya.
“Magang” atau Belajar pada Maestro dalam proyek real dalam kehidupan adalah metode terbaik yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

beliau telah magang berdagang kepada pamannya dan merantau sampai ke Syams untuk berdagang pada usia 11-12 tahun.

diharapkan jika fitrah bakat ini tumbuh sesuai tahapannya maka akan menjadi peran dalam kehidupan dalam suatu bidang kehidupan unik tertentu atau profesi unik tertentu dan memimpin di situ. secara adab, mereka akan menjadi beradab pada kehidupan dan realita sosialnya.


❤ pada dasarnya misi spesifik hidup itu tidak berubah, cara menemukannya saja yang bermacam-macam dan dengan berbagai cara, tapi ketika dilihat benang merahnya ternyata apa yang sudah kita kerjakan mengarah pada misi spesifik hidup kita. apa yang kita lakukan sekarang akan memperkaya pengalaman kita 🤗

iya teh..memang sebetulnya itu berpengaruh..karna anak terlalu banyak disibukkan dengan beban sekolah yang berat, sehingga tidak sempat untuk tergali passion dan misi spesifik hidupnya..

di sinilah peran orang tua untuk memilihkan pendidikan terbaik untuk anaknya, bagaimana agar pendidikan anak tetap menjadi tanggung jawab orang tuanya, meski misal tidak terfasilitasi di sekolah, namun harus difasilitasi oleh orang tuanya, agar fitrah anak tetap terjaga dan berkembang 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENGATASI SAKIT SAAT MENSTRUASI DENGAN ENEMA KOPI

Fokus Kekuatan, Siasati Kekurangan!

Memaknai Keajaiban